Cara Optimasi FeedBurner

Bagi seorang bloger pemula seperti saya, FeedBurner adalah suatu hal yang asing dan mungkin kebanyakan blogger pemula lainnya juga berfikir hal yang sama dengan saya, sebelumnya saya telah mendaftar feedburner Google, dan bagi sobat reader yang belum pernah membuat feedburner google maka sobat dapat membaca artikel saya yang berjudul Cara Daftar FeedBurner Terbaru, lanjut dengan bahasan kita sebelumnya kali ini saya akan meberikan tips untuk optimasi FeedBurner.

FeedBurner Email Subscription
Yang di maksud dengan feedburner email subscription di sini adalah memberikan layanan untuk berlangganan / subscribe ke feed blog sobat menggunakan email. layanan ini akan memudahkan setiap orang yang berlangganan dapat membaca artikel terbaru dari web atau blog sobat melalui kota email yang mereka miliki. Untuk melakukan hal ini sobat perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi situs feedburner di feedburner.google.com
  2. Kemudian silahkan sobat login dengan menggunakan alamat email yang sobat miliki
  3. Setelah sobat berhasil login, silahkan sobat pilih feed title yang ingin di optimalisasi
  4. Buka tab publicize, pada halaman ini sobat dapat mempublikasikan artikel terbaru yang sobat miliki melalui berbagai pilihan diantaranya Email, Headline Animator, atau Ping Shot. Namun sesuai dengan bahasan kita, kita akan hanya akan membahas feedburner menggunakan email, maka silakan sobat lanjutkan dengan mengklik menu Email Subscription
  5. Selanjutnya silahkan sobat klik Activate. setelah proses di atas sobat lakukan, sobat akan mendapatkan Kode HTML yang nantinya harus dipasang di blog sobat sendiri. Kode ini akan menampilkan sebuah form untuk berlangganan artikel terbaru dari blog sobat melalui email, hal ini berlaku apabila para pembaca sobat telah mendaftarkan email mereka melalui form yang telah sobat pasang di blog sobat.

  6. Bagi sobat reader yang belum mengetahui cara memasang kode HTML dari feedburner ke blog, maka sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini, pertama tama silahkan sobat login ke blogger sobat masing-masing, kemudian pilih Tata Letak, kemudian Tambahkan Gadget, setelah muncul popup pilih HTML/JavaScript isi judul terserah sobat, kemudian paste semua kode HTML yang sobat dapatkan sebelumnya dari feedburner


Sampai pada tahapan ini berarti sobat telah mebuat subscribe feedburner pada blog sobat, dan jika sobat ingin mendapatkan artikel terbaru dari saya silahkan sobat subscribe blog yang saya miliki dengan memasukkan alamat email sobat di bawah ini 

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner
Selanjutnya kita akan melakukan optimalisasi Feedburner yang kedua


Merubah Konfigurasi Link Artikel Feedburner 

Sebelum melakukan konfigurasi, silahkan sobat coba terlebih dahulu untuk meng access akun feedburner sobat dengan mengunjungi http://feeds.feedburner.com/readerlines gantilah readerlines dengan nama feed sobat masing-masing. 
Kemudian arahkan mouse ke salah satu judul artikel yang sobat miliki, lalu klik kanan, copy link address dan pastekan pada sebuah notpad 
jika hasil yang muncul adalah http://feedproxy.google.com/~r/NamaFeed/~3/VRgJP-LPUEo/JudulArtikrelSobat.html maka sobat perlu merubah settingan feedburner sobat dengan mengikuti langkah berikut ini
Pertama sekali silahkan sobat Login kembali ke feedburner.google.com
Silahkan sobat pilih tab analyze, kemudian klik menu Configure Stats

Hilangkan ceklist pada item link click dan yang lainnya, jika sudah selesai selanjutnya silahkan klik save


Untuk melihat perubahan yang terjadi silahkan sobat kunjungi http://feeds.feedburner.com/readerlines dan ulangi langkah di atas kembali? apa yang terjadi ? tara… sudah berubah bukan?
yang menjadi pertanyaan adalah untuk apakah tujuan dari Merubah Konfigurasi Link Artikel Feedburner kita lakukan ? jawabannya adalah untuk mengarahkan Backlink langsung ke blog sobat, dimana setiap kali ada bloger lain yang menambahkan link artikel dari blog sobat di artikelnya, ataupun jika sobat memberikan komentar pada suatu blog dengan mengarahkan link dari artikel sobat, maka backlink akan terarah ke artikel yang sobat miliki dan bukan ke google.com, hal ini tentu akan meningkatkan Optimasi SEO dari blog sobat sendiri.


Setting Kontent Artikel Feedburner 

Untuk setting Konten artikel yang muncul pada feedburner, Silahkan sobat Login kembali ke feedburner.google.com selanjutnya silahkan sobat pilih Tab Optimize, kemudian klik menu Summary Burner, Kemudian akan muncul form yang harus sobat isi terlebih dahulu, pada kolom Maximum length: silahkan sobat isi dengan berapa jumlah maksimal karakter yang ingin sobat tampilkan pada feedburner, sebagai contoh saya mengisinya dengan angka 200. Kemudian pada kolom Teaser: silahkan isi dengan signature  teks yang ingin anda tambahkan, misalnya : Visit http://readerlines.com for full links, other content, and more! 

Pada tahapan selanjutnya kita akan melakukan optimasi feedburner pada bagian 
Setting Ping Service
sebelum kita melakukan optimalisasi, ada baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui apa fungsi dari Ping Service, Ping Service berfungsi untuk memberitahukan secara otomatis ke feed setiap kali kita telah melakukan update artikel terbaru. Untuk mengaktifkan fungsi ini caranya adalah sebagai berikut:
Dalam kondisi kita telah login di feedburner, pindahkan tab ke Publicize kemudian pilih menu PingShot dan klik Activate.

Catatan, terkadang bisa saja kita membuat dua buah akun feedburner yang mengarah pada satu buah website, dan jika hal tersebut sudah terjadi maka sobat bisa menghapus akun feedburner yang sobat miliki, untuk menghindari kerancuan dalam memaksimalkan kinerja feedburner. 

Untuk saat ini sekian dulu informasi yang dapat saya berikan, jika ada di antara sahabat reader yang mengetahui lebih banyak tentang optimasi feedburner, saya harap sobat bersedia untuk menambahkannya di kolom komentar, terimakasih, Wassalam…

0 Response to "Cara Optimasi FeedBurner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel