Mengenal Keyboard Shortcuts dan Fungsinya

Sesuai dengan judulnya, shortcuts yang kalau kita artikan dalam bahasa indonesia adalah jalan pintas. Adapun tujuan utama dari pembuatan shortcuts sendiri adalah untuk mempersingakat dan mempermudah pekerjaan yang anda lakukan di depan PC.
Bagi kebanyakan orang, masih banyak yang tidak menyadari tentang pengunaan shortcuts, berikut saya kumpulkan beberapa keybord shortcuts dan fungsinya yang akan mempermudah dan mempersingkat pekerjaan anda.

Mengenal Keyboard Shortcuts dan Fungsinya

Ctrl + F Untuk Menemukan
Saya pikir Ctrl + F adalah salah satu Shortcuts yang paling sering dan paling banyak di gunakan, bagaimana tidak, Ctrl +F akan sangat mempermudah pekerjaan kita dalam menemukan sesuatu pada sebuah konten ataupun halam dokumen.

Navigasi Dasar 
Navigasi Dasar ini biasanya digunakan untuk mempercepat kegiatan yang kita lakukan pada browser, saya sendiri menggunakan keyboard shortcuts chrome, karena lebih banyak menggunakan Chrome sebagai browser utama. Ok lanjut...

Alt + Tab Untuk memindahkan
Anda dapat berganti halaman hanya dalam hitungan detik, tidak perlu susah susah untuk mengarahkan mouse, cukup dengan menekan Alt + Tab maka halaman kerja kita akan berpindah dalam seketika.

Ctrl + T Untuk membuka tab baru pada browser
Jika selama ini anda mengarahkan mouse untuk membuka tab baru pada browser anda, maka kebiasan tersebut boleh anda rubah dengan hal yang lebih cepat, gunakan Ctrl +T pada browser untuk membuka tab baru.

Ctrl + W Untuk menghapus tab pada browser
Setelah anda membaca sebuah artikel dan ingin mengakhirinya, biasanya hal yang paling umum kita lakukan adalah dengan cara mengarahkan mouse ke tombol silang yang ada di tab browser, namun hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan dengan menggunakan Ctrl + W pada keybord, namun jika anda menggunakan MAC cobalah menakan shortcuts Ctrl + T.

Ctrl + L Untuk mengarahkan fokus URL
Untuk mempermudah pekerjaan kita dalam mengganti alamat URL, gunakalan Ctrl + L untuk mengarahkan kursor pada alamat URL browser.

Seleksi, Copy, Potong, dan Paste
Cara ini merupakan cara dasar dari penggunakan keybord pada perangkat PC, tetapi saya sering sekali melihat orang menggunakan mouse pada saaat bekerja dengan Microsoft Office, kebanyakan dari merka menggunakan keyboard hanya untuk mengetik kata-kata dan kembali meraih mouse setiap kali mereka ingin menyalin dan menyisipkan teks. hal tersebut tentunya akan memakan waktu lebih lama untuk dilakukan. Berikut Shortcuts untuk memudahkan anda dikala menggunakan Microsoft Office.

Ctrl + A Untuk seleksi
Anda dapat menyeleksi seluruh konten yang terdapat dalam sebuah website hanya dengan menggunakan Ctrl + A, hal ini jauh lebih mudah di lakukan ketimbang harus mengarahkan mouse dari atas sampai bawah.

Ctrl + C Untuk perintah copy
Setelah kita menyeleksi seluruh atau sebagai dari ini konten, maka kita dapat menggunakan tombol Ctrl + C untuk mengkpoi atau menduplikasinya.

Ctrl + X Untuk memotong
Untuk menghapus dan menyalin kembali dokumen pada bagian yang berbeda, kita dapat menggunakan tombol Ctrl + X, funsi ini sama dengan Fungsi CUT pada saat kita menggunakan mouse

Ctrl + V Untuk paste atau menempel
setelah kita mngcopy sebuah artikel atau konten, biasanya kita akan menempelkannya pada dokumen, untuk itu gunakanlah tombol Ctrl + V untuk mempercepat pekerjaan.

Ctrl + Z Keybord Shorcuts Undo
Banyak shortcats keyboard yang berguna untuk memudahkan pekerjaan kita, berikutnya adalah Ctrl + Z, yang berguna untuk "membatalkan." perubahan terakhir yang kita lakukan, ketimbang harus menggunakan mouse tentu cara ini akan lebih cepat.

Ctrl + Y Keybord Shorcuts Redo
Hal ini biasanya berlaku jika anda sedang bekerja menggunakan Microsoft Office, adapun fungsi dari CTRl + Y adalah untuk mengulangi atau membatalkan perintah Ctrl + Z yang tidak sengaja kita lakukan.

Mudahkan Pergerakan Antar Kata dan Seleksi
Gunakanlah tombol panah untuk memindahkan kursor di sekitar bidang teks. Tahukah anda kombinasi antra Ctrl + Tombol panah akan mempermudah pekerjaan kita dalam menyeleksi teks, alternatif lain yang dapat kita lakukan untuk menyeleksi teks adalah dengan menggunakan gabungan antara tombol Shift + Anak panah.

Setiap aplikasi memiliki tombol shortcuts, dan untuk itu cobalah untuk mengenal dan mengaplikasikannya pada kegiatan yang kita lakukan pada PC, jika hal tersebut kita aplikasikan maka dapat dipastikan kita akan memperoleh keuntungan berupa penghematan waktu karena melakukanya secara lebih cepat!

Demikianlah pembahasan kita mengenai 15 Keyboard Shortcuts yang Wajib Anda Ketahui, dan jika anda memiliki file yang akan bermanfaat bagi orang banyak, cobalah untuk menguploadnya disni, karena mungkin saja anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Semoga saja informasi kali ini dapat bermanfaat, dan terimakasih untuk waktu luang anda dengan membaca artikel kali ini.

0 Response to "Mengenal Keyboard Shortcuts dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel