Cara Mengatasi Dan Keluar Dari Google Sandbox!

Beberapa hari yang lalu saya mendapati penurunan traffic jumlah pengunjung yang cukup drastis dari situs saya (www.readerlines.com) karena sedikit penasaran dengan hal tersebut saya mencoba untuk memeriksakan kondisi website saya tersebut di salah satu situs Google Sandbox and Penalty Checker Tool, dan betapa terkejutnya saya setelah mendapatkan hasil uji dari tes tersebut, "readerlines.com is possibly penalized or sandboxed by google!", dan mungkin seperti kebanyakan blogger lainnya, hal yang pertama kali saya lakukan adalah mencari cara keluar dari google sandbox!

google sandbox

Sebalum kita membahas bagaimana cara untuk keluar dari google sandbox sebaiknya kita memperhatikan hal-hal berikut ini:

Apa Itu Google Sandbox?
Saya yakin banyak diantara para pembaca dan penulis blog telah mengetahui apa yang dimaksud dengan google sandbox, namun bagi sobat yang belum tahu, google sandbox adalah suatu kebijakan yang di lakukan oleh google untuk menyadarkan para blogger pemula dalam mengambil tindakan guna meningkatkan PageRank secara instan di Search Engine Results Pages (SERPs) dengan cara memasukkan semua faktor SEO onpage dan Offpage yang berlebihan, Spamer, atau mungkin melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan TOS maupun Kebijakan dari google sendiri.

Bagi seorang blogger pemula, biasanya akan melakukan banyak cara untuk mengoptimasi blog maupun wbesite yang mereka miliki seperti yang diajarkan oleh para suhu, yang mana hal tersebut bertujuan supaya artikel yang sudah diketik bisa muncul di halaman pertama situs pencarian google, namun tanpa di sadari hal tersebut justru malah menjadi pemicu yang mengakibatkan blog ataupun situs masuk di dalam daftar perhatian khusus dari google.

Untuk itu, saran saya sebaiknya mulailah untuk menyusun dan membuat artikel original dan natural. serta berhati-hati dalam mengoptimalisasi blog atau website yang sobat miliki. supaya lebih aman, sebaiknya sobat menggunakan google webmaster kepunyaan  google untuk melakukan optimasi.

Cara Cek Google Sandbox
Ada banyak cara untuk memeriksa apakah blog atau website sobat telah masuk kedalam google sandbox namun yang paling sering dan paling mudah untuk dilakukan adalah dengan cera melakukan pengujian di situs http:// pixelgroove.com/, berikut contoh hasil pemeriksaan situs readerlines di pixelgroove 
hasil cek pixelgroove

Penyebab Google Sandbox
Mengapa blog bisa masuk kedalam google sandbox? Berikut sidikit penjelasan penyebab blog masuk ke dalam sandbox 
1. CoPas (Artikel Copy Paste)
Banyak sekali kita jumpai blog dan website yang memiliki artikel yang sama persis antara satu dan lainnya, jika sobat biasa melakukan hal tersebut, maka sebaiknya hentikan segara!!!, karena google tidak menyukai hal tersebut.
Google sendiri memiliki alat yang mampu menganalisa dan membedakan sebuah artikel merupakan hasil copy paste atau hasil dari ketikan sendiri. Kalaupun sobat melakukan copas cobalah untuk merubah susuanan dan gaya bahasa yang digunakan, kemudian lakukan pengujian untuk menghindari plagiat artikel, gunakan panduan "Hindari Plagiat Artikel Dengan Plagiarism Checker" untuk memeriksa plagiat artikel
2. Broken Link
Jika sobat menggunakan link pada artikel yang sobat buat guna memudahkan para pembaca, pastikan bahwa link tersebut tidak dalam kondisi rusak, karena jika terlalu banyak broken link pada sebuah artikel, google akan menyimpulkan bahawa anda telah melakukan spam, adapun cara mudah cek broken link sobat bisa menuju situs http:// brokenlinkcheck.com.   
3. BackLink
Back link adalah salah satu faktor untuk meningkatkan kualiatas SEO, namun jika kita menanam terlalu banyak backlink dan berkualitas rendah, maka akan mempengaruhi SEO dan juga berdampak masuknya website kita kedalam daftar sandbox.
4. Optimasi Berlebihan
Banyak sekali artikel yang telah kita buat lengkap dengan optimasi SEO nya. Namun tidak ada satupun dari artikel yang muncul pada halaman pertama google, karena kurangnya kesabaran akhirnya kita melakukan optimasi secara berlebihan pada setiap artikel yang dibuat, sehingga tanpa disadari membuat artikel masuk kedalam sandbox, untuk itu berhati hatilah dalam melakukan optimasi onpage maupun offpage.
Selain dari hal diatas, sebeneranya banyak sekali faktor yang membuat blog atau artikel kita masuk kedalam sandbox.

Mengenal Dampak Google Sandbox
Ciri-ciri jika website terdaftar dalam sandbox google adalah sebagai berikut:
  1. Menurunnya lalulintas trafik yang menuju ke situs sobat 
  2. Jatuhnya peringkat artikel di kolom pencarian google
  3. Banned, atau dihapusnya domain sobat dari google, hal ini dapat terjadi jika sobat terlalu banyak melakukan kesalahan dan tidak memperbaikinya sama sekali.

Cara Keluar dari Google Sandbox
Untuk bisa keluar dari google sandbox bukalah suatu hal yang mudah, namun juga buka sesuatu hal yang tidak mungkin, yang penting kita harus terus berdoa, bersabar dan berusaha berikut cara keluar dari sandbox google:
  1. Terlebih dahulu pastikan bahwa blog sobat terkena google sandbox atau tidak dengan mengikuti langkah cara cek google sandbox di atas.
  2. Mulailah memeriksa artikel sobat, apakah termasuk ke dalam kategori penyebab google sandbox seperti yang saya jelaskan di  atas.
  3. Cari dan modifikasi seluruh artikel yang terkena google sandbox, caranya ketik "site:alamatblogsobat" pada kotak pencarian.
  4. Jika sudah ditemukan, hapus, atau perbaiki artikel yang terkena dampak sandbox, jika sudah selesai diperbaiki submit ulang kembali artikel di https:// www.google.com/webmasters/tools/submit-url.
  5. Sebagai tambahan sobat bisa membuat sebuah artikel tentang sandbox supaya orang lain dapat belajar dari kesalahan yang pernah kita lakukan.
  6. Bersabarlah, google sedang memeriksa website sobat.

Demikiaanlah sedikit informasi yang dapat saya berikan tentang Cara Mengatasi Dan Keluar Dari Google Sandbox!, semoga artikel ini bisa membantu sobat reader yang terkena dampak sandbox google seperti saya, hehe
Mulailah membangun artikel original, dan bukan hasil copy paste.
Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para sobat sekalian, jika ada sobat yang mengerti cara lain selain cara yang saya terangkan di atas, mungkin sobat berkenan untuk menambahkan masukan komentar guna menambah pengetahuan kita bersama.

Update: Sukur alhamdulillah akhirnya pada tanggal 3 februari 2017 url readerlines.com telah di maafkan oleh google, berikut penampakannya
hasil report pixelgroove 3/2/2017

0 Response to "Cara Mengatasi Dan Keluar Dari Google Sandbox!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel