Cari Ide dan Tool Riset Keyword Gratis Untuk Pemula

Cari Ide dan Tool Riset Keyword Gratis Untuk Pemula - Riset keyword adalah bagian paling utama yang harus sobat lakukan untuk meningkatkan trafik pengunjung ke website yang sobat miliki. Tidak terbatas pada pencarian dan penentuan kata, dengan melakukan riset keyword kita akan memperoleh lebih banyak informasi mengenai perilaku dari para pelanggan kita. sehingga kita dapat lebih mengoptimasi situs yang kita miliki.
Cari Ide dan Tool Riset Keyword Gratis Untuk Pemula
SEO dan PPC sendiri sebenarnya adalah ilmu yang berbeda, tetapi pada dasarnya ilmu ini bertujuan untuk menjaring lebih banyak pelanggan yang akan menuju ke situs kita, dengan pengunaan kata-kata yang tepat, kita akan menghemat lebih banyak uang dalam menjaring pelanggan yang tepat kesitus toko online atuapun blog yang kita miliki.

Mengenali Jenis Keyword 
Pada dasaranya keyword sendiri terdiri dari beberapa jenis, namun ada baiknya jika sobat mengenali 6 jenis keyword yang paling banyak di gunakan oleh para blogger dan toko online berikut ini:

  1. Keyword Pendek, keyword ini biasanya tidak lebih dari dua suku kata, seperti : android, nama artis, Game Android, dan lain sebagainya.
  2. Keyword Panjang, keyword ini merupakan turunan dari keyword pendek, sebagai contoh : Android Paling Banyak di beli, Download game android offline paling seru, dan lain sebagainya. 
  3. Keyword Abadi, Keyword ini lebih kepada pencarian informasi yang tidak akan usang di telan waktu, seperti : obat sakit gigi, cara menghilangkan batuk, dan lain sebagainya.
  4. Keyword Musiman, Keyword ini berisi tentang informasi yang up to date, sperti : daftar juara MotoGP, dll.
  5. Keyword Menjual, Keyword lebih di tekankan pada kalimat menjual, seperti : dijual, murah, discount dll
  6. Keyword Merek, Jenis keyword ini akan lebih di fokuskan kepada kesalah satu merek dagang seperti : printer canon, handphone vivo, dan lain sebaginya.
dari pengenalan beberapa jenis keyword diatas saya rasa sobat telah mengerti perbedaan dari jenis masing masing keyword dan cara penerapannya.

Sumber Keyword Paling Bombastis dan Gratis
Ada banyak sekali tool yang dapat kita manfaatkan untuk mencari ide sebuah keyword, baik itu yang berupa tool gratis maupun tool berbayar, meski demikian terkadang keyword yang di hasilkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, atau keyword yang dihasilkan tergolong keyword high competition atau memiliki persaingan yang tinggi.
saya rasa masalah sebenarnya bukan terletak pada tool yang kita gunakan, namun minimnya kreativitas keyword yang kita inputkan pada tool tersebutlah yang menyebabkan kita kesulitan untuk menentukan keyword yang tepat.
berikut beberapa sumber ide yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan kreativitas kita dalam menentukan keyword   

1. KBBI, atau yang biasa di sebut dengan kamus Besar Bahas Indonesia, adalah salah media yang dapat kita gunakan untuk mencari ide tambahan keyword, mengapa demikian? karena dengan menggunakan KBBI kita bisa mengetahui persamaan atau lawan kata, nah... dengan begitu kita tinggal menambahkan kreativitas kita dalam merangkai kata sebelum kita memasukkan keyword kedalam tool keyword yang kita miliki.
Kamus Besar Bahasa Indonesia

2. Situs Toko Online, dengan menggunakan sistem pencarian dari salah satu situs toko online kita akan mendapatkan kategori, sub kategori, jenis produk dan bahkan testimoni yang dapat kita jadikan acuan dalam menentukan sebuah keyword.
sub kategori toko online
3. Wikipedia, wikipedia adalah sebuah situs ensiklopedia yang mana di dalamnya terdapat milyaran suku kata yang dapat kita jadikan acuan dalam menentukan sebuah keyword, dari setiap keyword yang kita klik, kita akan memperoleh keyword baru yang entah sampai kapan habisnya, jadi pastikan anda berhati-hati dalam menggunakannya, karena anda akan mendapatkan terlalu banyak informasi di dalamnya.
peneulusuran wikipedia
4. Kategori Pada Situs Lain, maksudnya di sini adalah sobat bisa mengunjungi beberapa situs informasi untuk mendapatkan ide baru dari sub kategori yang terdapat pada situs tersebut, sebagai contoh disini adalah okezone.com
sub kategori situs lain
5. Google Auto Complite, google sendiri menyediakan fitur auto complite dimana kita akan memperoleh prediksi keyword yang umum dicari oleh banyak penggunanya.
Google Auto Complite
6. Artikel Terkait Google, tool yang satu ini dapat juga sobat jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mendapatkan ide keyword, adapun cara penggunaanya terbilang cukup mudah sobat hanya perlu mencari sebuah keyword pada kolom pencarian setelah selesai pada bagian bawah halama sobat akan mendapatkan beberapa keyword tambahan yang berhubungan dengan keyword tersebut.
Artikel Terkait Google

dengan menggunakan cara alternatif di atas pekerjaan untuk menentukan keyword akan lebih maudah, dan untuk memaksimalkan keyword yang telah kita peroleh kita bisa menggunakan tool gratis berikut ini: 

Tools Riset Keyword Gratis Untuk Pemula
setelah kita mendapatkan beberapa keyword ada baiknya jika kita menggunakan tool tambahan untuk memaksimalkan keyword yang kita milki tersebut, sebebarnya ada banyak sekali tool yang dapat kita gunakan untuk riset sebuah keyword, namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas 2 buah tool yang paling sering saya gunakan, diantaranya :
1. Ubersuggest.org
2. wordze.com

Ubersuggest.org merupakan tool gratis yang masih banyak digunakan oleh para blogger pemula, hal ini mungkin dikarenakan gratis tool ini juga cukup mampuni untuk menentukan long tail keyword atau keyword panjang
adapun cara penggunananya adalah sebagai berikut
1. silahkan sobat kunjungi situs resmi dari Ubersuggest.org
2. masukkan keyword yang sobat milki, contoh : riset keyword
3. tentukan jenis pencarian ke web
3. tentukan negara tujuan, dalam hal ini saya menggunakan indonesia/indonesia
4. suggest
Ubersuggest - readerlines
5. kemudian sobat akan memperoleh hasil berupa keyword alternatif, pencarian bulanan, cpc dan tingkat persaingan. 
Hasil pencarian ubersuggest

setelah mendapatkan keyword yang sesuai silahkan sobat pilih kata kunci yang paling bagus berdasarkan cpc dan jumlah pencarian.

Wordze.com adalah tool lain yang dapat sobat gunakan untuk melakukan riset keyword, hanya saja pada wordze jika keyword yang kita gunakan terlalu banyak persaingan, maka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan riset akan semakin lama, untuk itu saya sarankan minimla sobat menggunakan tiga kata dalam pencarian di wordze
adapun cara penggunaaan wordze tidak jauh berbeda dari penggunaan ubersuggest.org 
1. silahkan sobat kunjungi wordze.com melalui situs ini
2. kemudian sobat akan di minta untuk mendaftar terlebih dahulu
3. setelah selesai mendaftar, kemudian silahkan sobat login ke wordze.com
4. isi kolom pencarian dengan keyword yang sobat tentukan
5. pilih sumber keyword yang ingin sobat cari, dalam hal ini saya hanya menggunakan google indonesia
6. ceklist captcha
7. kemudia silahkan sobat klik get keyword ideas
penelusuran wordze - readerlines
8. silahkan tunggu hingga proses selesai
setelah proses pencarian selesai, sobat akan memperoleh informasi berupa keword alternatif, jumlah pencarian bulanan, cpc, dan lain sebaginya 
Hasil penelusuran wordze - readerlines

dari semua informasi dan data yang telah sobat kumpulkan sobat hanya perlu berkreasi untuk menentukan sebuah keyword yang benar-benar berkualitas dan dapat sobat terapkan pada website sobat. 
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan tentang Cari Ide dan Tool Riset Keyword Gratis Untuk Pemula semoga bahasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, 
dan segala kekurang maupun kelebihan dari artikel kali ini silahkan sobat sampaikan di kolom komentar, sehingga dapat menjadi lebih bermanfaat bagi kita semua

0 Response to "Cari Ide dan Tool Riset Keyword Gratis Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel